Langkah Menjadi YouTuber Sukses, Kamu Wajib Hapal 11 Langkah Ini

Langkah Menjadi YouTuber Sukses, Kamu Wajib Hapal 11 Langkah Ini

Apakah Anda pernah bermimpi jadi youtuber terkenal yang bisa menghasilkan banyak uang seperti Ria Ricis, Atta Halilintar atau seperti youtuber gaming Pew Die Pie yang bisa raup puluhan juta dollar dari hobinya bermain game?

Zaman sekarang mau mimpi apa aja bisa kalian buat jadi kenyataan asalkan kemauan dan tekad yang kuat. Enaknya jadi youtuber uang bisa mengalir sendiri ke dompet. Jangan langsung lihat enaknya saja, tapi lihat juga proses awal mereka seperti apa jatuh bangunnya untuk membangun channel mereka dari 0 sampai jadi terkenal seperti sekarang.

Kita bakal kasih tahu bagaiman tipsnya supaya bisa jadi youtuber sukses juga seperti mereka. Ada beberapa cara untuk jadi youtuber sukses dan menghasilkan banyak uang yang harus kamu ikuti sebelum akhirnya kamu bisa jadi youtuber sukses seperti youtuber idola kalian. Tapi perlu di ingat! Kunci utama untuk sukses itu berdoa dan kerja keras.

Cara Menjadi Youtuber Sukses

Berikut adalah 11 langkah yang perlu Anda ambil untuk menjadi YouTuber yang sukses:
* Tentukan apa arti sukses bagi Anda dan ingatlah itu
* Kembangkan tujuan dan konten saluran Anda
* Buatlah mind mapping
* Pastikan halaman saluran Anda dengan sambutan yang baik
* Perhatikan SEO pada saluran Anda
* Lakukanlah secara konsisten
* Buatlah konten yang tidak berbelit-belit
* Ikuti terus niche atau minat Anda
* Kelola komunitas Anda, sebagai teman yang akrab
* Sebarkan konten Anda tanpa spam
* Sambungkan Analitik Anda dan pelajari itu

Penjelasan

Jelaskan apa arti sukses bagi Anda dan ingatlah itu

Banyak yang mendefinisikan kesuksesan hanya sekedar uang, tetapi ada lebih dari itu. Jika Anda menghasilkan banyak uang dengan melakukan pekerjaan yang Anda benci, apakah Anda akan menganggap diri Anda sukses meskipun Anda tidak puas? Sukses datang dalam berbagai bentuk dan terserah Anda untuk menentukan di mana Anda menganggap diri Anda sukses.

Jika Anda mendefinisikan kesuksesan di saluran YouTube Anda, ingatlah untuk menyajikan konten Anda yang ada di dalamnya dibuat dengan baik dan bijaksana. Konten yang baik itu adalah konten yang memiliki jumlah penayangan yang tinggi untuk video Anda, lebih banyak pelanggan, atau monetisasi untuk saluran YouTube Anda, pertahankan ini sebagai fokus Anda, hal lain hanyalah bonus.

Kembangkan tujuan dan konten saluran Anda

YouTube adalah platform video. Ada banyak video bagus dan banyak juga video yang tidak bagus. Saat Anda membuat saluran YouTube , perlu diingat bahwa mengembangkan video itu menyenangkan, tetapi juga merupakan pekerjaan. Di sini, Anda menentukan suara saluran Anda dan konten Anda harus selaras dengannya.

Meskipun hanya Anda dan kamera Anda, Anda sedang membangun kepribadian Anda sebagai brand . Cara termudah untuk mengembangkan saluran Anda adalah menjadi diri Anda sendiri.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak terlalu menarik, apakah Anda bisa membuat video lain? Nah, maka dari itu tidak ada salahnya membuat video yang berkualitas seperti podcast dll.

Anda harus memutuskan jenis konten apa yang akan Anda tawarkan di saluran Anda. Kisarannya sangat besar, mulai dari video panduan, humor, hingga ulasan. Setelah Anda memilihnya, mundurlah untuk melihat bagaimana Anda dapat membuat video menjadi unik menggunakan kepribadian merek Anda.

Bergantung pada konten dan ceruk saluran Anda, Anda ingin memastikan bahwa Anda memberikan diri Anda ruang gerak untuk membahas topik yang sedang tren di industri Anda. Jika beberapa berita besar muncul atau ada subjek yang Anda ketahui sedang dibicarakan oleh orang lain dengan saluran serupa, jangan ragu untuk ikut serta.

Penting untuk tetap relevan. Bahkan jika Anda membahas topik yang sama dengan orang lain, ini memberi Anda kesempatan untuk menambahkan masukan berharga Anda tentang suatu subjek.

Buatlah mind mapping

Sekarang Anda sudah mengetahui jenis niche konten Anda aman, buat rencana tentang bagaimana Anda tidak hanya akan menjalankan pembuatannya, tetapi semua yang ada dalam usaha ini.

Pikirkan ini sebagai semacam rencana bisnis dan kembali ke sana sesekali untuk memastikan Anda mematuhi standar yang Anda tetapkan untuk diri sendiri. Anda juga dapat memperlakukan bagian ini sebagai daftar periksa dari hal-hal yang Anda perlukan dalam pembuatan saluran YouTube Anda, termasuk setiap dan semua peralatan yang Anda perlukan untuk menghasilkan video berkualitas.

Ini juga saat yang tepat untuk mencari tahu siapa lagi yang akan terlibat dengan saluran Anda, jika ada. Intinya, buat garis waktu yang realistis untuk jadwal posting Anda, kumpulkan topik untuk konten Anda, dan pastikan Anda mengikuti garis waktu ini secara konsisten sepanjang perjalanan Anda.

Pastikan halaman saluran Anda dengan sambutan yang baik

Jangan mengabaikan profil YouTube yang tidak lengkap. Jika Anda mencoba membuat saluran YouTube untuk Anda, pastikan untuk memperhatikan kualitas Anda. Karena medianya adalah visual, presentasi adalah kuncinya. Foto profil atau logo Anda harus disetel di tempat yang benar dan gambar spanduk saluran Anda harus memiliki dimensi yang benar.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah gaya gambar mini video Anda. Apakah mereka memiliki gaya visual sendiri yang akan terus Anda tiru. Untuk memastikan semua elemen Anda ada di tempatnya dan ukurannya benar, lihat contoh ukuran media sosial utama dibawah ini.

Jaga SEO Anda

Menyiapkan SEO dengan benar untuk video YouTube Anda sangat penting. Karena Anda meluangkan waktu untuk memproduksi video, jangan malas. YouTube adalah mesin telusur yang sangat canggih dan orang sering menggunakannya untuk menemukan video baru. Artinya, dengan memilih kata kunci yang tepat, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk ditemukan, dilihat, dan dinikmati.

Jika ada video yang mirip dengan video yang ingin Anda buat, lihat kata-kata yang Anda ketikkan untuk hasilnya. Kemudian cobalah sedikit variasi untuk melihat bagaimana perbedaan itu terjadi sehingga Anda dapat melihat apa yang bisa dihasilkan oleh satu atau dua kata perbedaan.

Teliti kata kunci yang ingin Anda gunakan, popularitasnya,dan kata kunci yang digunakan pesaing Anda.

Bersikaplah konsisten

Tidak peduli berapa banyak artikel tentang sukses di YouTube yang Anda baca, Anda akan selalu menemukan artikel seperti ini. Anda harus konsisten untuk melihat kesuksesan, apa pun. Itu. Jangan salah paham, itu akan keren, tetapi jika Anda menggunakan dengan cara viral, tidak ada jaminan sama sekali untuk berkembangnya sebuah saluran Youtube.

Apa pun jenis konten yang Anda produksi, tetap konsisten dengan waktu dan jenis niche Anda. Tetapkan jadwal kapan Anda akan merilis video dan cobalah untuk mematuhinya.

Merilis video secara konsisten pada hari dan waktu yang sama tidak hanya memberi tahu pemirsa kapan mereka dapat mengharapkan konten baru Anda, tetapi juga memberi Anda jadwal untuk bekerja dan mematuhinya. Konsistensi bukan hanya tentang waktu. Ini tentang memastikan konten yang stabil dan sesuai brand Anda di mata audiens.

Katakanlah Anda mengikuti saluran membuat kue di YouTube dan itu adalah sumber utama Anda untuk semua hal tentang memanggang kue dll. Jika Anda ingin bereksperimen dengan konten Anda, sebaiknya beri tahu audiens Anda terlebih dahulu. Buatlah video Anda mengalir dan jangan dibuat-buat.

Buatlah konten yang tidak berbelit-belit

Anda tahu apa yang sama sekali tidak perlu untuk video YouTube? Penjelasan lima menit pertama untuk sesuatu hal yang Anda dapat tunjukkan kepada audiens Anda yang hanya membutuhkan waktu 30 detik. Kedengarannya lucu jika diucapkan seperti itu, bukan? Sayangnya, ini sangat umum.

Maaf, tetapi orang-orang tidak punya waktu untuk membuang-buang waktu, jadi lakukan ke intinya saja. Jika Anda merilis video panduan, Anda harus menyampaikan maksud Anda secepat mungkin.

Jelaskan apa isi video itu dan kemudian mendalami. Inti dari video adalah untuk “menunjukkan” sesuatu kepada pemirsa Anda (Jika mereka hanya ingin mendengarkan, mereka akan mendengarkan podcast.) Tentu saja, akan ada contoh di mana elaborasi lebih lanjut atau pemecahan masalah yang mungkin perlu disebutkan, tetapi simpan itu untuk nanti di video. Penonton Anda akan berterima kasih kepada Anda.

Ikuti terus niche atau minat Anda

Saat mempresentasikan (merekam) kepada audiens Anda, Anda ingin dilihat sebagai orang yang memiliki pengetahuan tentang industri Anda. Ini memerlukan waktu yang harus tetap mengikuti berita tentang niche Anda. Mengikuti berita dan kejadian di industri Anda (termasuk pesaing Anda) memungkinkan Anda membuat konten yang relevan dan segar untuk pemirsa Anda.

Dengan menonton video yang se-niche dengan Anda, Anda dapat melihat poin dan opini yang mereka buat, sebelum Anda membuat video sendiri. Memungkinkan Anda untuk menindaklanjuti dengan argumen balasan Anda sendiri (jika Anda hidup untuk drama) atau untuk membuatnya tetap unik. Ini juga akan membantu menjadikan diri Anda sebagai saluran untuk seseorang yang ingin tetap up-to-date dengan subjek tertentu.

Kelola komunitas Anda, sebagai teman yang akrab

Jika Anda mengukur kesuksesan dengan jumlah pelanggan, pelanggan Anda pada dasarnya adalah emas, jadi pastikan untuk memperlakukan mereka dengan baik. Ini lebih dari sekadar menjawab dan menyukai komentar mereka. Manajemen komunitas bisa menjadi pekerjaannya sendiri.

Cara yang bagus untuk terlibat langsung dengan komunitas Anda adalah dengan mengadakan streaming langsung YouTube. Video langsung menjadi semakin populer, karena memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pemirsa Anda dan menunjukkan presentasi yang lebih jujur.

Platform ini juga bagus untuk mengadakan Tanya Jawab sehingga audiens Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan menarik mereka saat itu juga. Anda juga dapat membaliknya dan meminta pemirsa Anda untuk meninggalkan pertanyaan di komentar yang kemudian dapat Anda jawab selama sesi.

Ini mungkin artikel tentang YouTube, tetapi Anda juga harus terlibat dengan komunitas Anda di jejaring sosial lain. Plus, ini cara yang bagus untuk memanfaatkan berbagai platform dan memanfaatkan audiens baru. Hadir secara sosial di berbagai jaringan menunjukkan bahwa Anda siap sedia dan berkomitmen pada komunitas Anda.

Beberapa cara untuk mengembangkan komunitas Anda meliputi:

* Selalu pastikan untuk menautkan dari satu jejaring sosial ke jejaring sosial lainnya. Sebuah kegiatan seperti GiveAway di video Anda dapat membantu Anda mencapai engagement terhadap audiens Anda.
* Saat merilis video baru, umumkan di semua saluran Anda yang lain, dan jangan lupa menambahkan link ke video terbaru Anda.
* Buat blog agar komunitas Anda tetap tertarik.
* Mulailah dengan bergabung dengan forum, komuintas dan grup agar percakapan terus mengalir.
* Kirim email ke Audiense untuk mempromosikan blog, pengumuman, atau pembaruan mingguan Anda.

Sebarkan konten Anda tanpa spam

Saat konten utama Anda dibuat untuk YouTube, sulit untuk memberikan tempat lain pada merek Anda. Tentu, Anda dapat membagikan video Anda di jejaring sosial lain dan Anda bisa membuat situs video Anda sendiri. Keuntungan besar dari situs web video adalah Anda adalah pemilik semua yang ada di situs web Anda.

Pada dasarnya, Anda tidak terbatas pada apa yang ditawarkan platform media sosial. Karena itu, situs Anda memiliki semua manfaat YouTube tanpa batasan apa pun. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menyinkronkan saluran YouTube ke situs Anda, memungkinkan integrasi yang lancar dari video Anda ke situs web Anda.

Artinya, lebih banyak penayangan video Anda langsung dari situs Anda. Dari situs Anda, Anda memiliki opsi untuk menjual video, menyewanya, atau bahkan menyiapkan paket langganan bulanan.

Sambungkan Analitik Anda dan pelajari itu

YouTube menawarkan bagian analitik khusus untuk saluran Anda sehingga Anda dapat melihat bagaimana kinerja video Anda. Analytics akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang orang-orang yang menonton video Anda, yang memungkinkan Anda untuk mengasah demografis target Anda lebih jauh. Ini juga akan memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang mengapa satu video mungkin berkinerja lebih baik daripada yang lain. Dan pada dasarnya ini adalah alat hebat yang harus Anda manfaatkan untuk saluran pemula Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

About admin

Check Also

Masa Depan Bisnis di Era Transformasi Teknologi Digital

Masa Depan Bisnis di Era Transformasi Teknologi Digital Masa Depan Bisnis di Era Transformasi Teknologi …

Kiat Merancang sebuah rumah Minimalis Idaman Semua Orang

Kiat Merancang sebuah rumah Minimali Idaman Semua Orang Rumah minimalis itu sendiri telah menjadi jenis …

Kiat Melancarkan Arus Kas Bisnis yang Strategis

Kiat Melancarkan Arus Kas Bisnis Modalku bersama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta – Raya …